Selasa, 11 Juni 2013

7 Deadly sins for my skin... (my version)



Tulisanku ini ga Se serem judulnya sih...
tapi cuma mau share penyesalan di masa lalu....

Sampai saat ini saya kurang percaya diri kalau tampil tanpa make up
Bahkan di blog pribadi ini juga masih kurang percaya diri untuk memajang fotoku sendiri...

Dulu aku sangat kasar, jahat sama kulitku sendiri... aku sungguh menyesali kelakuan burukku dengan kulit wajahku sendiri...
Sekarang aku berusaha memperbaikinya

Perlu diingat, memperbaiki sesuatu yang sudah rusak memang sangat susah, tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali

ini adalah kesalahan fatalku terhadap kulit ku di masa lalu....


7 deadly sin for my skin:

1. Mengabaikan Sunblock with SPF and PA
Dulu aku aktif olah raga sejak SMP... voli, basket, renang, atletik uda bagian dari hidup deh..
Waktu kuliah aku juga ikut kegiatan kampus yang mengharuskan aku kerja (jadi tukang bangunan + tukang kayu dadakan) di pedesaan baca: KKN....
Waktu selesai KKN.... muka mulai keliatan bintik2 hitam + dekil + gosong
Ternyata itu hasil dari tidak pakai sunblock selama sekian tahun....
Seperti biasa... penyesalan datang kemudian... susah hilangkannya... wajah jadi kusam

Latulipe my previous sunblock
dan spf nya cuma 15... kurang cocok untuk kegiatanku yang sering diluar ruangan
dan bikin aku komedoan parah


2. Cleanser yang serba instant
Cleansing 3 langkah.... wew... ini namanya ribet... padahal penting
aku pas SMP-SMA itu pas lagi booming2nya Ovale face instant cleanser... (kayanya sudah tidak beredar lagi di pasaran)
merek ini menjanjikan bersihnya wajah dalan sekali usap. Mana aku males banget bersihkan wajah, tentu tergiur sama produk ini...
Habis pake ovale ini, langsung tidur tanpa cuci muka + oles2 pelembab...
Serius alkoholnya merusak kulit. kulitku jadi kering parah, jerawatan, greasy.
Then... bodohnya aku pake sampe habis... dan repurchase... (merasa kebangetan aku menyiksa kulit ini)


3. Malas ritual skincare
Dari dulu aku males pakai skincare. pengen cantik tapi males.... mana ada..
jadi aku jarang banget perawatan ke dokter. jarang banget facial, jarang banget pake krim2 sebelum tidur, padahal aku tau kulitku bermasalah dan sensitif.


4. Pakai Skincare yang tidak cocok secara terus menerus
Setiap produk skincare pasti sudah diuji dan di testing ke beberapa orang. harusnya dibuat untuk kebaikan kulit tapi tidak semua orang cocok tapi aku memaksakan diri pakai merek Latulipe karena murah.

karena aku pakai skincare dengan pengetahuan yang pas2an yang terjadi
meskipun komedoan (komedo yang keras) saya tetep lanjutin pakai skincare ini sampe lama.
karena dalam mindset aku KOMEDO SELALU ADA DI SETIAP WAJAH

sadar aja baru2 waktu aku mengenal female daily (thanks ya yang aktif di female daily)
Dari situ aku baru menyadari ada yang salah dengan keadaan kulitku... dengan menggunakan skincare yang pas, maka sekarang blackheads.uda pergi... meskipun kadang ada 1 atau 2... yg banyak whiteheads, itu pun gampang dikeluarin.


5. Pengetahuan Cleansing kurang
Ya aku suka makeup dan bisa makeup sejak SMP... tapi pengetahuan tentang cara removing make up atau penggunaan skincare masih pas2 an...
ini sebenernya karena aku sejak dulu tidak diperkenalkan dengan yang namanya cleansing oil / make up remover. jujur aku baru kenal makeup remover /cleansing oil pas baru2 saja.
jadi wajah suka komedoan, jerawatan... padahal aku bersihin pakai cleansing foam 2x.... ternyata harusnya lebih rumit dari itu....
Saat ini... ini makeup remover favorit aku
bukan untuk mata, tapi untuk seluruh wajah juga
tentu diikuti cleansing milk + cleansing foam setelahnya


6. Suka pegang/pencet jerawat/komedo
Ya memang kalo ada jerawat bawaannya gemes pengen pencet sampe keluar isinya.
soalnya sakit banget kalo isi jerawat itu belum dikeluarin
hasilnya flek hitam2 deh .... masi tetep nangkring di wajah sampe sekarang.... meskipun sudah bertahun2 treatment.
Jadi... Kalo ada jerawat bersabarlah saja... maka akan sembuh dengan sendirinya...


7. Tidak menjaga makanan
Ini paling susah.... hindari makanan yang menyebabkan alergi.
makan boleh asal tidak berlebihan.
Makanan yang harus dihindari:
---- makanan berlemak dan protein terlalu tinggi (karena merupakan penyebab nongolnya milia, jerawat dan komedo) ----> tergantung masing2 orang
---- Makanan dengan banyak mengandung pengawet dan pewarna, krn bikin kulit kusam... sebab racun2 itu terjebak di bawah kulit.
---- Makan dengan kandungan gula tinggi... sebab bila gula darah tinggi, luka sulit sembuh termasuk jerawat juga susah sembuh.

yang harus dilakukan:
---- Banyak makan sayur2an dan buah2an... (sayur + buah adalah antioksidan kan bagus untuk kulit, bisa untuk detoks racun2 di tubuh )

Jujur ini paling sulit, tapi aku sedang berusaha...

----------------------------------------------------
Yahhh that's all my 7 deadly sins what I do to my skin...
sekarang aku sayannnggg banget sama kulit wajahku
aku pelihara baik-baik... karena dengan skincare yang benar, kita bisa merawat aset penting kita yaitu wajah.

Puji Tuhan Sekarang jerawat sudah jarang2 nongol di wajah. Kalau dulu, jerawat yang susah cari tempat karena populasi jerawat di wajah sudah penuh sesak.....
Untungnya sudah membaik meski susah, namun usaha yang keras dan kemauan yang tinggi... tidak pernah sia2 kok....

Ini aku tulis murni pengalamanku, supaya mengingatkan atau memberi inspirasi
agar tidak ada lagi kelakuan buruk yg kamu lakukan terhadap kulitmu...
terus berbagi, saling mengingatkan antar blogger.

thanksss girls... love you so much...



last pic...
My Face... wkwkwk...

this is my bare face
just using loose powder and eyeliner
so many scar on my cheek...
can't see clearly on photo but actually it's very strong dark scar




Tidak ada komentar:

Posting Komentar